SUPATA NUSANTARA

Standar

kumayan Sang Naga amemasuh memala

kumayan Sang Naga amemasuh memala

Heh ya kemladeyan ngrepak tunggak
Geniku sakpelik munggah krapak
Dennya jinejer pamong kawula dasih
Drana driya ora ateges kalindhih

Bumi wus gumelar
Langit belang amba
Hambeg deksura aglar
Wohira pinasthi tumiba

Wus katrem anggonmu dlajigan
Canthula ambondhan ngidak-idak sirah
Dening kodratingsun samya kaprabawan
Sajenku jangkep kembang macan kerah

Asta kekalih angigel laras
Dak gawe wayangan sewengi natas
Lakon bandayudha silih busana
Anderpati horeging bawana

Hiya iki supata Nusantara
Pecahing raga
Pecahing rasa
Pecahing sukma
Sukma ketula-tula ketali
Rasa rasaning nagari roganing Brawijaya duk ing nguni

…….bumi gonjang-ganjing… langit kelap-kelap… sungsang bawana walik…….

32 responses »

  1. Wong utama,sanadyan durung mangsane,wus kapundhut lan bakal ngaso.
    Dudu umur dawa sing njalari wong kajen keringan,dudu cacahing taun sing dadi ukuraning urip sejati,nanging kawicaksanan iku umuring manungsa,urip tanpa cacad iku jatining umur tuwa.

    salam rahayu.

  2. tansaya ngeres maca supata nusantara iki, pak tomy, bumi saya tuwa, nuwuhkae rasa panas lan gampang kena murkane sing nggawe urip. moga2 suoata nusantara iki bisaa dadi mantra ajaib kanggo pengeling-eling wong kang asring tumindak culika, adigang adigung adiguna.

  3. sebuah pesan yg sangat bermakna dari mas tomy….bumi ini seperti sedang marah karena tingkah polah makhluk diatasnya yg bernama manusia….perkiraan saya utk waktu2 kedepannya akan ada bencana2 lagi yg tidak menutup kemungkinan bisa lebih dahsyat dari tsunami di aceh….semoga ndak terjadi banyak korban

  4. @ Mas Sunarnosahlan  matur nuwun sampun dipun apresiasi

    @ Yang-kung  matur nuwun sanget Yang sampun dielingke, mugi kita saged dados tiyang sepuh ingkang ampuh sanes sepuh sepah, kakehan umur kebak dosa. Amien
    Salam karaharjan ugi

    @ Mas Lambang  mboten dados menapa Mas, geguritan niki anyariosaken kahanan Nusantara kados sada ilang suhe

    @ Pak Sawali  nun inggih Pak kula namung saged urun orek-orek menika minangka labuh labet kula kagem nusa lan bangsa. Mugi samangke kula saged makarya nyata😀

    @ Mas Lovepassword  dianggep mekaten nggih saged Mas:mrgreen:

    @ Mas Tono  yang terjadi terjadilah Maskarena sekarang ini jaman Tundhan Dhemit jamannya manusia digaru & diluku seperti ilalang liar. Semoga kita bisa mrojol selaning garu. By the way.. saya kok tidak bisa komen di blog panjenangan ya😥

  5. Yth. Sedulur Sejati kimas Tomy,

    Matur nuwun, wus karsa rawuh ing ‘gubhug mbluthuk suwung’ lan paring oleh2 sing maknane wigati banget. Malah arep nyuwun palilah njenengan, oleh2e arep tak unggahke dadi artikel.

    ”SUPATA NUSANTARA”
    Apa arep dirangkepi SUPATANING GUSTI..?!
    Whiiihhh…mrinding aku

    Matur nuwun…matur nuwun…

    Bhinneka Tunggal-Sikep
    Bakuh-Kukuh-Utuh…NKRI
    NUSWANTARA KERTAGAMA RAHARJA INDAH

    Samin adalah Sikap

  6. @mas tomy

    ah masa sih….keknya kangbode dkk lancar aja tuh….memang sih awal2 komeng di disqus agak ribet….tapi kalo mo praktis…tinggal koment as guest aja gak usah masukin password

  7. pamuji rahayu…,

    wah… sangsaya wingit lan nambahi geter peter nggegirisi kangmas Tomy…, supata Nusantara ini kian menjadikan bumi yang kita pijak serasa ketar ketir…,
    para pandega praja yang kian luwe lan ngelak sajen .. rebutan daging bosok.., sementara rakyatnya nandang prihatin lara lapa.. , malah kanggo nyogok Century.. bekas pawitan dadi gegedug praja…,
    waaaahhhh…. tambah miris. kepripun niki para kadhang kang kinasih Sih an.. Jagad.
    Mugya antuk pepadanging penggalih kangge para nalapraja..,

    matursembah nuwun ..,
    mugya sedayanipun tansh karaharjan kasugengan rahayu wilujeng kalis sambikala..,

    salam sihkatresnan
    rahayu..,

  8. Oh iya bagi disquser, email saya kebak karena tiap komentar yang masuk, aku nerima tembusannya di email. Hi Hi Hi, gimana caranya agar aku nggak perlu nerima tembusan. Masak inboxku isinya disqus semua. He he he

  9. Ketahuilah…
    Ada beberapa orang di bumi Pertiwi ini yang mengaku beriman kepada Tuhan langit dan bumi, tapi sesungguhnya mereka INGKAR dan MUNAFIK….
    Mereka hendak MENIPU Tuhan langit dan bumi dengan sandiwara mereka… Mereka hendak MEMBODOHI Tuhan langit dan bumi dengan dalil-dalil Hadis dan Kitab Suci…. Tapi sesunguhnya mereka telah MENIPU dan MEMBODOHI DIRINYA SENDIRI…

    Mereka hendak berlindung dibalik PREDIKAT AGAMA mereka…… Mereka hendak bersembunyi dengan GELAR AKADEMIS mereka….. Mereka mengaku ORANG-ORANG PINTAR dan MODERN…. Tapi sayang… mereka TIDAK SADAR….
    Dalam HATI dan JIWA mereka begitu MEREMEHKAN RAKYAT negerimu…. Dan dengan PANGKATNYA, JABATANNYA, PREDIKATNYA dan KEPINTARANNYA…… Mereka hendak MENIPU-mu dan MENGUTIL HARTA negerimu….

    Babaring LELAKON

  10. pamuji rahayu..,

    kangmas Tomy… mugya panjenengan tansah ginanjar wilujeng berkahing Gusti Ingkang maha Wikan.., selalu sehat dan senantiasa berkiprah terus ya kangmas…, tebih ing rubedha niring sambikala…, nyuwun ngapunten.. pripun kabaripun kangmas.. sampun sauntawis dangu mboten kabar kabaran… hehehe..,

    ngaturaken :
    SUGENG RIYADI 1430 H, NYUWUN AGENGING PANGAKSAMI BATHIN LAN LAHIR…, MUGYA SEDAYA KALEPATAN LEBUR InG DINTeN RIYADI MENIKO. Nuwun..

    salam sihkatresnan
    rahayu..,

  11. Kula Njih Mekaten Mas Tomy Ingkang Dahat Luhuring budi

    Ngatureken sugeng RIYADI 1430H Nyuwun Lumebering Samudra Pangaksami Lahir trusing Batin, Mugya Sedaya Kalepatan Sageto Lebur Ing Diten Rioyo Meniko

    Salam Asah Asih Asuh
    NUWUN

  12. Kepada para Saudara-saudaraku yang Tua dan yang Muda. Sungguh betapa tak tahu DIRInya saya, karena belakangan ini saya tak pernah ” NJAGONGI, MENYAPA BALIK dan NYUMANGGAKAKEN ” setiap Saudaraku yang sempat mampir di Gubugku, apalagi sekedar SAMBANG pun saya tak mampu melakukannya. Di kesempatan ini saya hanya memohon maaf atas segala KESILAPAN dan KEALPAAN selama ini dikarenakan KESIBUKAN duniawi yang tak bisa saya bendung dan tolak kehadirannya. Tapi percayalah keberadaan Saudara-saudaraku masih tetep TEMANCEP sajroning ATI. Sekali lagi mohon maaf.

    Aku Tresno Pooooooooooolllll banget marang Sliramu Kang TOMMY…haaaaaaaaaaa…

    Salam
    Sihkatresnan selalu

  13. Ternyata…..harus berulang kali saya mengahturkan Mohon Ma’af Lahir dan Bathin kepada Saudaraku Mas Tomy, karena sebelum2nya saya sudah Haturkan Mohon Ma’af tsb tetapi ketangkap SPAM. Ya….bisa jadi itu adalah suatu pelajaran bagi saya karena saya jarang sekali berkunjung ke mari. Ma’afkan saya saudaraku…. Karna itulah dalam menyambut Idul Fitri ini semoga Hati tersucikan dengan memohon Ma’af dari segala kekeliruan saya baik yang disengaja maupun yang tak disengaja.

    Salam Fitrah untuk Mas Tomy Sekeluarga, Berkah Allah Swt meliputi

  14. Terselip khilaf dalam candaku,
    Tergores luka dalam tawaku,
    Terbelit pilu dalam tingkahku,
    Tersinggung rasa dalam bicaraku.
    Hari kemenangan telah tiba,
    Semoga diampuni salah dan dosa.
    Mari bersama bersihkan diri,
    sucikan hati di hari Fitri.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqobalallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

  15. Kedaling rasa nu pinuh ku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meungpeung wanci can mustari. Taqabalallahu Minna Wa Minkum
    Wilujeng Idul Fitri 1430 H, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan.
    Kuring neda dihapunten kana samudaya kalepatan, boh bilih aya cariosan anu matak ngarahetkeun kana manah, da sadayana oge mung saukur heureuy, manusa mah teu tiasa lumpat tina kalepatan jeung kakhilafan

  16. Kunjuk atur dumateng Kang TOMY Sakeluarga…
    Kula TukiPon Sakeluwarga..

    NGATURAKEN SUGENG RIYADI 1430 H
    Mugi Amal saha Ibadah kita sedaya wonten ing sak lebeting Alam Gesang Saged dipun tampi kalian Gusti Ingkang Maha Kuwaos Lan boten kesupen kula ngaturaken agunging Samudra pangaksami dumateng Kang TOMY Sakeluarga… Mbok bilih wonten ing saklebeting kekadangan ing Padepokan mriki Wonten salah ucap saha salah atur kula ingkang kirang nujuprono ing saklebeting manah Kang TOMY lan para Kadang. Sepindah malih kula ngaturaken agunging Sih Samudra Pangaksami… lan mugi Gusti ingkang Maha Kuwaos Purun hanglebur kesalahan kito sedoyo. Amiin…

    Salam
    Sihkatresnan

  17. Terima kasih kepada seluruh sahabat yang budiman, Mas Hadi, Mas Sumego, Mas Lovepassword, Mas Tukipon, Pakdhe Kariyan, Mas Pengembara Jiwa, Kang Boed, Mas Lambang, Mas Sikap Samin, Mas Hidayat dan para Saudara yang tak dapat ku sebut satu persatu. Semoga kita dapat menjalani fitrah yang sejati sebagai Mitra Ilahi membangun dunia yang lebih baik bagi semua.

  18. Sebulan sudah kita jalani Ramadhan bersama
    Malam penghujung hari yang indah ini
    Genderang Perang sudah di tabuh.
    Pekik Kemenangan dikumandangkan
    Alunan Nada Pengagungan dinyanyikan
    Suara Riang Gembira berkeliling kota
    Ramadhan dengan segala perniknya telah kita lewati bersama
    “Demi Masa sesungguhnya manusia itu merugi”
    Mudah mudahan Jerit kemenangan ada dalam diri kita semua
    Sebab tiadalah semua ini kecuali kembali kepada Fitrah Diri
    Mari bersama kita saling mensucikan diri menuju Illahi Robby
    Membersihkan diri melangkah menemukan diri sebenar diri
    Mulai menghampiri DIA tulus ikhlas karena CINTA
    Meraih keselarasan diri dalam Ketenangan Jiwa
    Bebenah dan jadikan momentum kemenangan ini
    Menjadi Manusia seutuhnya meliputi lahir bathin
    Dahulu datang putih suci bersih
    Mudah mudahan kembali suci putih bersih
    Tiada kata yang terungkap lagi
    Mari kita bersama menyambut hari yang FITRI
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Dari :
    ” Kang Boed Sekeluarga “
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabat Sahabatkuku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

  19. mudah mudahan semangat lebaran.. semangat persahabatan dalam CINTA dan KASIH SAYANG terus melekat di hati kita semua.. dan bertumbuh kembang membangun kembali kepribadian bangsa yang ramah dan penuh CINTA
    salam sayang untukmu saudaraku

  20. mas tomy yang baik,

    supata nuswantoro sesungguhnya juga supata rakyat jelata, yang ikut membuat “kue” tetapi ketika kue sudah siap di atas meja, dan siap dibagi-bagi, maka yang “kebagian kue kekuasan” ya hanya para elite, baik elite partai, elite pemerintahan, maupun elite kepemimpinan lainnya.

    Rakyat jelata hanya kebagian membayar utang dan membayar aneka pajak demi menyejahterkan mereka.

    Nah, rakyat hanya bisa, sekali lagi hanya bisa menatap tontonan arogansi bagi-bagi kekuasaan itu dengan pandangan mata yang kosong dan nanar.

    Oleh karena itu rakyat jelata akhirnya hanya bisa supata, tetapi giliran rakyat di suruh membuat kue lagi (pemilu) maka dengan sedikit uang sogokan, rakyat itu sudah sangat manut untuk membuatnya (memilihnya)lagi.

    Makanya mas tomy, supata itu bagi para pejabat, tidak penting untuk didengarkan. Pejabat baru akan mendengar dan bereaksi jika telah terjadi “pergerakan massa” yang masif.

    Saya juga ada supata untuk para pejabat yang melupakan rakyat, supata itu adalah:

    Niscaya ke dua mata mereka akan buta
    perutnya yang buncit akan meletus
    mengeluarkan nanah dan darah
    bau busuk dan anyir merebak
    ke seluruh antero negeri

    jasadmu tak akan diterima tanah
    karena tanah lahirmu
    telah kau sobek-sobek
    menjadi potongan-potongan
    yang mengeluarkan bara api

    membakar seluruh jiwa ragamu

    ah……… tapi apalah arti supata dari aku, itu kan sekadar ketidakpuasan saja.

    gitu ya mas tomy?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s