TRISULAWEDHA

Standar

Suradira Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti

Sugeng Warsa Enggal 1 Sura 1942 Selasa Pahing Tahun Je Windhu Kuntara

Di blog Budaya Jawa dan Penyejuk Hati punya Kangmas Hidayat, saya mendapat pertanyaan dari Kangmas Ratnakumara mengenai hakikat Trisulawedha. Bagi para sedherek yang baru kali ini mendengar, Trisulawedha diyakini sebagai senjata pamungkas Pemimpin Besar Indonesia yang akan membawa bangsa ini kepada kejayaannya. Berikut kutipan Jangka Jayabaya pupuh ke 164 yang menjelaskannya :

Putra kinasih swargi kang jumeneng ing gunung Lawu. Hiya yayi Bethara Mukti, hiya Krisna, hiya Herumukti. Mumpuni sakabehing laku. Nugel tanah Jawa kapingpindho. Ngerahake jin setan, kumara prewangan, para lelembut ke bawah perintah saeko proyo, kinen ambantu manungso Jawa padha asesanti TrisulaWeda. Landhepe triniji suci. Bener, jejeg, jujur. Kadherekake Sabdopalon lan Noyogenggong.

Nah dalam perjalanan saya mencari Mata Air saya sempat berpuisi cinta kepada Dewi Sri Gadung Melati, sosok ghaib yang menjaga dan memelihara Sumber2 mata air. Berkat puisi tersebut saya dipertemukan dengan Kangmas Rwaja Segara, priyayi Jogja yang mempunyai visi yang sama terhadap kejayaan Nusantara tercinta ini. Dari beliau saya mendapatkan naskah penjelasan Trisulawedha yang di-sari-kan dari beberapa sumber dan disusun oleh Ki Atma Sasratama Jati. Sebagai berikut :

Selamat berbahagia kepada Saudara-saudaraku yang tercinta sebangsa dan setanah air di seluruh Indonesia. Melihat situasi dan keadaan negara yang hari demi hari semakin memprihatinkan, kami ingin memohon keikhlasan Anda bersama untuk memasyarakatkan falsafah Jawa kuno yang disebut TRISULAWEDHA, dalam upaya menyelamatkan bangsa dan negara Republik Indonesia keluar dari kondisi sekarang ini, demi berhasilnya cita-cita menuju negara kuat, sejahtera, adil dan makmur.

Trisulawedha adalah falsafah Jawa kuno yang isi ajarannya telah dimasyarakatkan oleh Raja Jayabaya dari Kerajaan Dahana Pura; Bahwa dalam suatu kehidupan bermasyarakat di dunia, mewajibkan umat manusia memiliki rasa, sikap dan sifat luhur budi yang disebut Jejeg, Bener dan Jujur .

Kalau diartikan merupakan sebuah rangkuman falsafah hidup berdasarkan Kitab Suci Agama, aturan Undang-Undang, Hukum Tata Negara dan Pancasila.

Bilamana ketiga hal tersebut di atas bisa ditauladankan oleh pemimpin negara dan seluruh jajaran aparat yang memahami artinya, maka dampaknya tidak seperti yang kita rasakan sekarang ini.

Trisulawedha, merupakan perwujudan suatu sistem tata negara dambaan seluruh rakyat di dunia berdasarkan Rasa Cinta Kasih Sayang seperti sifatNya menuju negara Kuat, Aman, Sejahtera, Adil, Makmur dan Madani yang tersegani.

Trisulawedha, adalah dasar kepribadiaan sosok pemimpin negara sejati yang berjiwa Ksatria, Pendeta, Tauladan yang berbudaya. Disertai wawasan budaya dan usaha global, akan mampu bertanggungjawab terhadap sistem tata negaranya untuk dibanggakan dan dipilih langsung oleh seluruh rakyat.

Trisulawedha, bukan politik praktis, namun suatu falsah yang ajarannya langsung dipimpin oleh Allah Yang Maha Kuasa lewat kitab-kitab suciNya, demi keamanan, kesejahteraan, dan keadilan seluruh rakyat yang yakin dan mau mengabdi kepadaNya.

Trisulawedha, adalah senjata cakra pamungkas untuk mendirikan peraturan undang-undang dan hukum, dalam menanggulangi turunnya angka kriminalitas maupun kerusuhan, kondisi moral, budaya dan ekonomi rakyat di suatu negara.

Trisulawedha, memiliki keputusan tegas dan tidak abu-abu dalam mengatur kebijaksanaan yang dituangkan ke dalam undang-undang dan hukum tata negara, untuk mengadilkan hukum bagi yang benar dan salah, berdasarkan hak asasi manusia dan rasa tanggungjawab hidup bermasyarakat di suatu negara.

Trisulawedha, dengan sistemnya akan menyadarkan seluruh jajaran TNI maupun Polisi, berdiri sebagai fungsinya untuk tidak sewenang-wenang menggunakan senjata menyakiti bangsa sendiri yang telah membiayai kesejahteraan dan senjatanya, kecuali berperang menghadapi musuh dari luar demi kepentingan rakyat dan negara.

Trisulawedha, kebijaksanaan hukumnya menjamin, bahwa terpidana tidak akan berani lari atau saling bermusuhan, adu kekuatan dan lain-lain di dalam tahanan maupun penjara yang tidak terkurung dalam jeruji besi, kecuali penderita sakit ingatan yang berbahaya.

Trisulawedha, dengan sistemnya mampu menjamin kembalinya dana hasil korupsi yang telah lari dicuri oleh penghianat negara di manapun berada di dunia.

Trisulawedha, dengan sistemnya mampu menanggulangi sifat tamak setiap warga negara, demi ratanya pendapatan dan kesejahteraan seluruh rakyat di negara.

Trisulawedha, dengan sistemnya merupakan negara demokrasi terpimpin yang mampu mengatur seluruh warga negaranya untuk bekerja, bersaing dalam kreatifitas dan akal, demi kemajuan usaha untuk mempertahankan kedudukan sosialnya sesuai dengan kemampuan dan kepribadiannya.

Trisulawedha, dengan sistemnya mampu membentuk kurikulum pendidikan bertaraf internasional, mulai dari sekolah dasar sampai menengah atas termasuk perguruan tinggi di seluruh wilayah, dan menanggulangi kemungkinan munculnya pengaruh buruk terhadap lingkungannya.

Trisulawedha, dengan sistemnya mampu menjamin makna berdirinya kesakralan perkawinan dalam suatu kerukunan keluarga dari gangguan moral buruk pada umumnya.

Trisulawedha, dengan sistemnya mampu mewujudkan keanggunan dan keasrian seni budaya lingkungan serta majunya aneka seni maupun budaya daerah.

Trisulawedha, dengan sistemnya mampu mewujudkan ekonomi kerakyatan global dalam tempo sesingkat-singkatnya untuk siap bersaing dengan negara maju lainnya.

Trisulawedha, dengan sosok pemimpin negara yang menguasai sistemnya, akan mampu merubah penderitaan rakyat yang sedang terlanda krisis moral, budaya, ekonomi menuju titik terang perbaikan dalam tempo maksimum 3 tahun lamanya.

JEJEG

Artinya sanggup menegakkan keimanan untuk mengabdi dan berbakti kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dalam menjalankan perintah maupun menjauhi larangan-larangannya sesuai dengan ajaran yang tertulis dalam kitab suci agama maupun kepercayaan yang diyakini masing-masing di manapun berada.

BENER

Artinya sanggup dan taat dalam menjalankan ketertiban aturan pasal-pasal undang undang dan hukum tata negara yang berlaku di manapun berada.

JUJUR

Artinya sanggup menjalankan kejujuran disertai rasa ikhlas dalam menjalin kehidupan bergotong-royong dan usaha bersama, serta menghormati budaya adat istiadat, demi kerukunan dan kesejahteraan antar umat manusia berbangsa dan bernegara tanpa membeda-bedakan golongan suku bangsa maupun agama berdasarkan falsafah Pancasila di manapun berada.

TRISULAWEDHA ini menjadi pedoman dan harus dilaksanakan !

Nuwun, Nusantara Jaya !!!

16 responses »

  1. meski masih belum juga bersikap otimis, sosok pemimpin yang memiliki “senjata” Trisulawedha pasti akan muncul juga, pak tomy. entah kapan. yang pasti, saya mau mengucapkan selamat menyongsong tahun baru 1430 H dan 2009 M, pak, semoga membawa banyak berkah dan kebahagiaan.

    **********
    selamat taun baru juga Pak Sawali. jangan pesimis tapi lho Pak terhadap bangsa ini
    :mrgreen:

  2. Mungkinkan kita bisa menemukan sosok pemimpin seperti Trisulawedha?
    Betapa bahagianya rakyat Indonesia kalau bisa…

    **********
    jangan ditunggu Bu mari kita jadikan diri kita masing2 pemegang Trisulawedha😀 ada Amien?

  3. Surodiro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti

    Sebuah ungkapan kalimat yang luhur dan kaya akan makna, demi menuju sebuah kepentingan yang lebih serta sangat mulia mengesampingkan ego yang ada dalam diri. Jihad akbarnya “abdi dalem” yang ingin membongkar topeng dalam dirinya.

    Matur Suwun Sanget sampun ngemutaken pitutur puniko.

    **********
    sami-sami Mas
    😀

  4. rahayu…
    saya jadi ingat tentang trisula wedha yang sama waktu ketemu Pak stno di bengkel kodam V brawijaya, tri itu tiga,,, pegangan ini pada buku kuno tebal warisan sunan kalijaga yang dijanjikan mau dipinjamkan ke saya tapi sampai sekarang saya belum sempat kesana, trisula itu yaitu : Jujur tidak berbohong, jadi pacul untuk meratakan yang tidak rata yaitu Adil , Bener.
    memang sedikit beda bagi saya ya sama saja, kalau bicara perbedaan enggak bakalan ada habisnya. yang penting kelakuan kita semua harus bertaubat, peduli sesama, menjaga hati dan ucapan , rukun, njejegne laku utomo
    wass wb

    **********
    banyak tafsiran untuk Trisulawedha Mas, ini salah satunya.
    seperti kata adik saya Eka Pratiwi berikut😀

  5. Pada intinya kita diajak untuk menggalang persatuan dan kesatuan nusantara. melaui makna TRISULAWEDHA. Terserah apa artinya trisulawedha, dan untuk siapa TRISULAWEHA Tersebut, saya tidak ambil pusing. saya lebih cenderung untuk sikap dan kepribadian kita sendiri, terserah para pemimpin kita mau mendengar jeritan rakyat apa tidak, karena saya punya keyakinan, keanekaragaman sifat dan kepribadian para pemimpin kita, bagaikan bunga setaman (SEGALA PUJI BAGI ALLAH TUHAN SERU SEKALIAN ALAM), punya visi dan misi yang sangat beragam. (ada yang untuk kepentingan rakyat dan ada pula yang semata untuk kepentingan sendiri).

    NUSANTARAKU ADALAH jiwa dan ragaku akan aku pilah menjadi dua yaitu “baik dan buruk”…………………..Nugel tanah Jawa kapingpindho………………
    SIAPA….Hiya yayi Bethara Mukti, hiya Krisna, hiya Herumukti. Mumpuni sakabehing laku…………. ROGO SUKMO kita cari hal yang MUMPUNI SAKABEHING LAKU… ada tiga perkara. Hal ini saya gambarkan apa yang di bathin kita, sebaiknya kita pikir dan selanjutnya kita lakukan….. sehingga terkabul kebahagiaan. bahkan akan dibantu oleh…………..Ngerahake jin setan, kumara prewangan, para lelembut ke bawah perintah saeko proyo, kinen ambantu manungso Jawa padha asesanti TrisulaWeda…………… bahkan tiga ajaran yang tersebut dalam kitab jaya baya menegaskan…………………………Bener, jejeg, jujur…………….. Hal ini masih harus dikuak yang dalam sehingga orang akan memahami arti dari kitab jaya baya.

    SECARA PRIBADI SAYA BANYAK LITERATUR TENTANG TIGA HAL YANG TIDAK BOLEH DILUPAKAN. antara lain :…………………

    Islam : Iman, Taqwa dan Tawakal
    Budha : Kemaren, Sekarang dan Esok
    Jawa : Kakang kawah, Pancer dan adi ari-ari
    Hindu : Reinkarnasi
    Kristen : Alah Bapa dan roh kudus
    bahkan secara spesifikasi bisa saya berikan sebuah contoh :
    Kamu akan diuji dari tiga penjuru yaitu :
    1. Istrimu
    2. Anakmu
    3. Hartamu
    yang mana kamu tidak akan tahu dari sisi mana kamu akan di uji.

    juga tentang harta yang bermanfaat ada 3 yaitu :
    1. Amal jariyah
    2. Anak yang soleh
    3. Ilmu yang bermanfaat

    BAHKAN NUSANTARA INIPUN DIBAGI MENJADI TIGA WAKTU YAITU : wib, wita dan wit

    juga gerbang logika ada tiga : and. or, not….
    dan……

    SUKSES SELALU NUSANTARAKU.
    Komentar saya hanya sekedar iseng belaka, semoga nyambung dan tidak menyinggung. //
    wassalam

    **********
    wah matur nuwun sudah panjang lebar njelasinnya😀
    Golekana Sahadat Telu
    :mrgreen:

  6. Nuwun sewu, nderek lesehan, sembah nuwun katur kangmas engkang kagungan tread meniko,,,,

    Semakin banyak warisan keteladanan leluhur Jawa yang tergali, mudah-mudahan semakin menyadarkan kita, bahwa kita mempunyai kekuatan batin yang besar, dan punya banyak suritauladan luhur yang pantas kita kedepankan, sehingga kita bisa menjadi tuan rumah yang bisa mengatur dirinya sendiri,,,

    Kata sespuh Mentawis, bahwa kita tidak kekurangan wulang wuruk, geneyo gak bisa memunculkan jatidiri kita,,,

    Trisulawheda adalah salah satunya, satu ajaran luhur yang sederhana dan praktis,dan mumpuni,,,,,,

    Trisulawheda, telah diterjemahlan dalam menjalankan pemerintahan oleh Prabu Jayabaya, dan menjadikan Mamenang Kediri sebagai sebuah negara yang gemah ripah lohjinawi, mudah-mudahan kedepan kita bisa menemukan dan memiliki pimpinan yang demikian, dan dongengan “Satrio Piningit” bukan sekedar dongengan belaka,,,,

  7. Rahayu..

    Kami ikut bangga dengan apa yang telah anda kerjakan. Hormat kami untuk anda.
    Alangkah lebih baik jika blog kita saling terkait, dan kami berharap anda ikut menyumbangkan artikel di blog kami 
www.pandubhumi.wordpress.com

    Nuwun

  8. Sugeng Rahayu,…

    Artikel Panjenengan bagus2 toh mas,..
    jika ada waktu, monggo mampir dan memberikan sepatah kata, pesan ataupun artikel2 sebagai saran informasi untuk saling asah, asih dan asuh….

    di tunggu yo di
    http://mrsabdopalon.wordpress.com

    Salam Kasih dan Damai untuk kita semua…

  9. Sugeng Rahayu,…

    Artikel Panjenengan bagus2 toh mas,..
    jika ada waktu, monggo mampir dan memberikan sepatah kata, pesan ataupun artikel2 sebagai sarana informasi untuk saling asah, asih dan asuh….

    di tunggu yo di
    http://mrsabdopalon.wordpress.com

    Salam Kasih dan Damai untuk kita semua…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s